Senin, 13 Februari 2012

Hepar, Anatomi dan Fisiologi

Hepar adalah kelenjar terbesar dalam tubuh yang memiliki berat berkisar 1200 – 1600 gr. Berat pada laki-laki 1400 – 1600 gr dan pada perempuan 1200 – 1400 gr (1). Berat hepar tergantung pada berat masing-masing tubuh, yaitu 1,8 % – 3,1 % dari total berat tubuh, pada infant memiliki berat yang agak lebih yaitu kira-kira 5% sampai 6 % dari total berat tubuh.

Ukuran tranversal dari hepar berkisar 20 cm- 22,5 cm, dan ukuran vertikal berkisar 15 cm – 17,5 cm, dengan diameter anteroposterior terbesar berkisar 10 cm–12,5 cm. Hepar mempunyai konsistensi kenyal, berwarna coklat kemerahan. Bentuk hepar adalah piramid , yang puncaknya dibentuk oleh bagian pada lobus sinistra, sedangkan basisnya pada sisi lateral kanan yang lokasi pada dinding thorax kanan. Hepar dibungkus peritoneum viseralis kecuali gallbladder bed, porta hepatis dan di posterior pada daerah yang disebut bare area dari hepar di kanan dari vena cava inferior. Di bawah peritoneum terdapat kapsula Glisson, yang meliputi seluruh permukaan organ; kapsula ini pada hilus atau porta hepatis di permukaan inferior, melanjutkan diri ke dalam massa hati, membentuk rangka untuk cabang-cabang vena porta, arteri hepatika dan saluran empedu. Duplikasi peritoneum yang meluas dari dinding abdomen anterior dan diafragma ke hepar membentuk ligamentum yang mempertahankan organ hepar pada tempatnya. Duplikasi horizontal peritoneum membentuk lig.coronary yang nampak jika menarik hepar ke bawah. Tepi kanan yang bebas dari lig.coronary membentuk lig.triangular kanan dan ujung kiri membentuk lig.triangular kiri yang melekat pada apeks lobus kiri dan mencapai procesus fibrous hepar yang melekat pada diafragma. Dari pertengahan lig.coronary muncul lig.falciform yang meluas ke anterior sebagai membrana tipis menghubungkan permukaan hepar ke diafragma, dinding abdomen dan umbilikus. Lig.teres (obliterasi vena umbilikalis) yang berjalan ditepi inferior lig.falciform dari umbilikus sampai fisura umbilkalis. Fisura umbilikalis berada pada permukaan inferior hepar sinistra dan terdapat triad portal kiri. Lig.falciform, sebagai penanda permukaan yang jelas, yang secara historis digunakan untuk pembagian lobus hepar kiri dan lobus hepar kanan
Hepar dibagi menjadi 2 lobus utama yaitu lobus kanan yang besar dan lobus kiri yang lebih kecil. Walaupun ligamentum falciform sering digunakan untuk membagi hepar menjadi lobus kanan dan kiri, ‘true / surgical Couinaud’s segmental anatomy’ dari hepar yang paling banyak digunakan oleh ahli bedah sebagai deskripsi secara anatomi fungsional atau anatomi modern. Sedangkan deskripsi secara klasik atau tradisional anatomi, hepar di bagi menjadi empat lobus yaitu lobus kanan, lobus kiri, kaudatus, dan quadratus. Bagaimanapun juga deskripsi lobus secara tradisional ini yang berdasarkan pada anatomi permukaan tidak menggambarkan ‘true segmental anatomy’ dari hepar seperti pada couinaud. Klasifikasi Couinaud membagi hepar kedalam 4 sektor didasarkan pada jalannya tiga vena hepatika utama. Masing-masing sektor menerima suplai darah dari pedikel portal secara terpisah. Dalam scissura utama terdapat vena hepatika media yang berjalan dari sisi kiri vena cava suprahepatika ke bagian tengah fossa kandung empedu. Secara fungsional scissura utama membagi hepar menjadi lobus kanan dan lobus kiri yang tidak bergantung pada aliran portal dan arsitektur biliaris. Secara singkat, penanda yang dari kandung empedu sampai sisi kiri vena cava inferior (di kenal dengan fisura portal atau Cantlie,s line) membagi hepar menjadi lobus kanan dan kiri . Lobus kanan lebih lanjut dibagi menjadi segmen anterior dan segmen posterior. Lobus kiri dibagi menjadi segmen medial (yang dikenal lobus quadratus) yang menempati sisi kanan ligamentum falciform dan fisura umbilikalis dan segmen lateral menempati sisi kirinya. Sistim yang di kenal seperti ini cukup untuk tindakan mobilisasi hepar dan tindakan hepar yang sederhana, tetapi tidak dapat menggambarkan lebih banyak kerumitan dan anatomi fungsional yang di perlukan bagi ahli bedah hepar. Hepar selanjutnya dibagi atas 8 segmen yang masing-masing disuplai oleh pedikel yang terdiri dari vena portal, arteri hepatika dan duktus biliaris. Segmen-segmen ini lebih lanjut di bagi kedalam 4 sektor yang dipisahkan oleh scissura yang mengandung tiga vena hepatika utama. Sistim ini mula-mula digambarkan pada tahun 1957 oleh Goldsmith dan Woodburney sebagaimana juga oleh Couinaud, yang mengambarkan anatomi hepar , dimana itu paling berkaitan dengan pembedahan hepar
Scissura utama terdapat vena hepatika media yang berada pada arah anteroposterior dari fosa kandung empedu sampai ke sisi kiri vena cava inferior dan membagi hepar menjadi hemiliver kiri dan kanan. Garis dari scissura yang di kenal juga sebagai Cantlie,s line. Hepar kanan dibagi menjadi sektor anterior (segmen V dan segmen VIII) dan sektor posterior (segmen VI dan segmen VII) oleh scissura kanan yang mana terdapat vena hepatika kanan. Pedikel portal kanan yang terdiri atas arteri hepatika kanan, vena porta kanan dan duktus biliaris kanan yang kemudian menjadi pedikel anterior kanan dan pedikel posterior kanan yang mensuplai sektor anterior dan posterior. Hepar kiri memiliki fisura yang nampak berada di sepanjang permukaan inferior yang di sebut fisura umbilikalis. Ligamentum teres (sisa vena umbilikalis) berada pada fisura ini. Ligamentum falciform berhubungan dengan fisura umbilikalis dan ligamentum teres . Fisura umbilikalis bukan merupakan scissura, tidak mengandung vena hepatika dan pada kenyataannya mengandung vena portal kiri (triad yang terdiri atas vena portal kiri,arteri hepatika kiri dan duktus biliaris kiri) yang berada pada fisura ini,bercabang untuk memberi makan hepar kiri. Scissura kiri berada di posterior ligamentum teres dan terdapat vena hepatika kiri. Hepar kiri dibagi menjadi sektor anterior (segmen III dan IV) dan sektor posterior (segmen II- sektor yang hanya terdiri dari satu segmen ) oleh scisura kiri. Sedangkan lobus kaudatus (segmen I) merupakan bagian posterior hepar. Pada hilus hepar,triad portal kanan merupakan pedikel extrahepatika yang pendek kira-kira 1 – 1,5 cm sebelum memasuki jaringan hepar dan bercabang atau mensuplai ke sektor anterior dan posterior dari hepar kanan. Bentuk percabangan vena-vena portal sektor ini kedalam sub bagian hepar kanan menjadi 4 segmen yaitu segmen V (anterior dan inferior) dan segmen VIII( anterior dan superior) membentuk sektor anterior dan segmen VI (posterior dan inferior) dan VII ( posterior dan superior) membentuk sektor posterior. Sebaliknya , untuk triad portal kiri memiliki panjang saluran extrahepatika – 4 cm berada di bagian inferior lobus quadratus (segmen IV B) yang berjalan secara tranversal di bungkus dalam ‘peritoneal sheath’ yang berada pada ujung atas omentum minus.
Morfologi dan segmen
Dilihat dari permukaan anterior, hepar terdiri atas Lobus hepatis dextra dan lobus hepatis sinistra yang dipisahkan oleh ligamentum falciforme hepatis dan fossa sagitalis sinistra. Dilihat dari permukaan posterior, terlihat lobus hepatis dextra yang terbagi lagi menjadi 3 buah lobus yaitu Lobus caudatus, lobus quadratus dan lobus hepatis dextra itu sendiri.
1. Lobus Hepatis Dextra
Lobus ini mempunyai ukuran yang lebih besar daripada lobus hepatis sinistra, yaitu kira-kira 5/6 bagian dari seluruh hepar. Lobus ini terletak di hipokondrium dextra dimana dipisahkan dengan lobus hepatis sinistra oleh ligamentum falciforme pada facies diafragma, sedangkan pada facies visceralis dipisahkan oleh fossa sagitalis sinistra (Facies sagitalis sinistra dibentuk oleh fossa ductus venosi pada bagian dorso cranial dan fossa vena umbilikalis pada bagian ventro caudal). Pada facies visceralis lobus hepatis dextra terdapat 2 buah fossa yaitu fossa vesica fellea yang ditempati oleh fundus dari vesica fellea dan fossa vena cava yang ditempati oleh vena cava inferior. Kedua fossa ini bersama-sama membentuk fossa sagitalis dextra. Diantara kedua fossa sagitalis sinistra dan dextra terdapat cekungan yang berjalan melintang yang disebut porta hepatis yang membagi 2 bagian menjadi lobus qudratus dan lobus caudatus (Spigeli)
2. Lobus Quadratus hepatis
Lobus ini terletak pada facies inferior dari lobus hepatis dextra, dibatasi oleh :
• Anterior oleh margo anterior hepatis
• Dorsal oleh porta hepatis
• Sebelah kiri oleh fossa vena umbilicalis
• Sebelah kanan oleh fossa vessica fellea.
Pada gross anatomi, lobus ini dideskripsikan sebagai bagian dari lobus hepatis dextra, tetapi secara fungsional lebih berhubungan dengan lobus hepatis sinistra.
3. Lobus Caudatus hepatis
Lobus caudatus ini terletak di facies posterior lobus hepatis dextra setinggi vertebra thoracal X – XI, dibatasi :
• Dibagian ventro caudal olehporta hepatis
• Sebelah kanan oleh fossa vena cava
• Sebelah kiri oleh fossa ductus venosi
Lobus ini mempunyai tonjolan yang agak ke antero lateral, yang memisahkan fossa vena cava dan fossa vesica fellea, yang dinamakan processus caudatus. Disebelah kiri dari processus caudatus, berbatasan dengan porta hepatis dan fossa ductus venosi, terdapat processus papillaris.
4. Lobus Hepatis sinistra
Lobus ini bentuknya jauh lebih kecil daripada lobus hepatis dextra, lebih pipih dan hanya berukuran kira-kira 1/6 dari ukuran hepar keseluruhannya. Lobus hepatis sinistra ini terletak didalam region epigastrium dan sedikit didalam hypocondrium kiri. Lobus ini terletak disebelah kiri dari ligamentum falciforme, tidak memiliki subdivisi dan berakhir pada pada bagian apeks yang tipis pada quadrant kiri atas.
5. Segmen Couinaud
Clinical nomenclature yang dapat diterima secara luas adalah yang dideskripsikan oleh Couinaud (1957) dan Healey and Schroy (1953) Arsitektur dalam dari hepar dibagi menjadi beberapa segmen, secara utama didasarkan atas segmen Couinaud. Couinaud menjadikan distribusi dari portal dan vena hepatis sebagai dasar sedangkan Healey dan Schroy mempelajari arteri dan anatomi bilier. Hepar lebih jauh lagi dibagi menjadi beberapa segmen, setiap segmen tersebut disuplai oleh cabang arteri hepatis, vena porta dan duktus bilier. Lobus kiri terdiri dari segmen I, II, III dan IV dan segmen V, VI, VII, dan VIII mengisi lobus kanan. Lobus kanan lebih jauh lagi dapat dibagi menjadi sektor anterior dan posterior. Sektor posterior kanan dibentuk oleh segment VI dan VII dan anterior kanan dibentuk oleh segmen V dan VIII. Segmen kiri juga dapat dibagi menjadi beberapa bagian; Segmen IV sesuai dengan sektor medial kiri dan segmen II dan III sesuai dengan sektor lateral kiri. Segmen I sesuai dengan lobus caudatus dan segmen IV sesuai dengan lobus quadratus.
Fiksasi Hepar
Fiksasi Hepar dilakukan atau dimungkinkan oleh adanya :
1. Ligamenta
 Ligamentum Falciforme hepatis di ventral
Ø
 Omentum minus di caudomedial
Ø
 Ligamentum triangulare hepatis sinsitrum et dextra di lateral dan medial
Ø
 Ligamentum coronarii hepatis sinistra et dextra di cranial
Ø
 Ligamentum teres hepatis di caudal
Ø
 Ligamentum venosum arantii di caudal
Ø
2. Vena hepatica
Vena ini menfiksasi hepar ke dinding posterocranial cavum abdominis terhadap vena cava inferior.
3. Desakan negative dari cavum thoracis yaitu adanya daya isap dari tekanan negative tadi ke arah ventrocranial, terhadap organ-organ didalam cavum abdominis.
4. Desakan positif dari cavum abdomini yaitu adanya dorongan dari organ-organ satu dengan yang lainnya didalam cavum abdominis dan oleh kontraksi otot-otot dinding abdomen.
Lymphonodus Hepatis
Hepar merupakan organ yang mempunyai system limfatika yang terbesar dibandingkan dengan viscera abdominis lainnya. Lymponodus hepatis terdiri atas kelompok superficialis dan profunda.
Kelompok superificialis terdiri atas :
a. Pada facies inferior dan anterior hepatis
b. Pada facies superior dan posterior menuju ke lymponodus para aorta dan ada yang menuju lymponodi parasternal.
c. Pada facies posterior sebagian menuju ke lymponodus coelica seterusnya ke cisterna chili
Kelompok profunda; sebagian besar menuju lymponodi hepatis dan sebagian kecil saja yang menuju ke lymponodi paraaorta.
Innervasi Hepar
Hepar mendapat innervasi dari :
1. Nn. Splancnici
Bersifat simpatis untuk pembuluh darah didalam hepar. Nervus vagus dextra et sinistra. Bersifat parasimpatis dan berasal dari chordae anterior dan posterior nn. Vagus. Keduanya masuk ke dalam ligamentum hepatodoudenale. Menuju portae hepatis.
2. Nn.Phrenicus dextra
Setelah masuk kedalam cavum abdominis akan menuju ke pleksus coeleacus untuk kemudian mengikuti ligamentum hepatoduodenale sampai ke porta hepatis. Nervus ini bersifat viscera afferent untuk ligamentum falciforme hepatis, ligamentum coronaria hepatis, ligamentum triangulare hepatis serta capsula Glissoni.
VASKULARISASI HEPAR
Vascularisasi Hepar
Sirkulasi darah pada hepar dibentuk oleh arteri hepatica, vena porta, dan vena hepatica, disebut sirkulasi portal. Arteri celiakus yang bercabang berasal dari aorta muncul dari hiatus diafragma, yang secara karakteristik sangat pendek dan bercabang menjadi arteri gastrika kiri, arteri lienalis dan arteri hepatika komunis.
1. Arteri hepatica communis
Merupakan cabang dari arteri coeliaca, berjalan ke ventral agak ke kanan pada margo superior pancreas, di sebelah dorsal pars superior duodeni. Kemudian arteri itu membelok dan masuk ke dalam ligamentum hepatoduodenale di bagian caudal foramen epiploicum Winslowi; berjalan didalam ligamentum itu bersama-sama dengan duktus choledocus, vena portae, pembuluh limfe, dan serabut saraf menuju porta hepatis. Didalam ligamentum hepatoduodenale, arteri hepatis comunis berada disebelah anterior agak ke kiri dari duktus choledocus dan berada disebelah anterior vena porta. Sampai pada porta hepatis, arteri hepatica communis bercabang menjadi 2 yaitu :
a. Arteri hepatica propria dextra
Berjalan di sebelah ventral vena porta, kemudian menyilang ductus hepaticus communis, berjalan terus ke kanan dan sebelum masuk ke dalam lobus hepatis dextra memberi cabang arteri cystica, yang memberi suplai darah kepada vesica fellea.
b. Arteri hepatica propria sinistra
Berjalan ke arah porta hepatis, berada disebelah kiri dari duktus hepaticus dextra dan sebelum masuk ke dalam lobus hepatis sinistra memberi cabang ke cranial dan caudal, serta memberi suplai darah untuk capsula hepatis glissoni dan lobus caudatus hepatis.
2. Vena portae hepatis
Dibentuk oleh gabungan antara vena mesenterica superior dan vena lienalis. Berjalan disebelah dorsal pars superior duodeni, lalu berjalan ascendens masuk ke dalam ligamentum hepatoduodenale. Didalam ligamentum hepatoduodenale, vena porta berada disebelah dorsal dari arteri hepatica communis, sampai pada porta hepatis, vena portae bercabang 2 membentuk ramus dextra dan sinistra, dan bersama-sama dengan arteri hepatica propria dextra dan sinistra masuk kedalam lobus hepatis dextra dan lobus hepatis sinistra.
3. Vena Hepatica
Membawa darah dari hepar masuk kedalam vena cava inferior. Terdiri dari :
a. Upper group, terdiri dari 3 vena yang besar
b. Lower group, yang jumlah bervariasi dan ukurannya kebih kecil.
Arteri hepatika komunis, berjalan dalam jarak yang pendek di retroperitoneal kemudian melewati permukaan suprior dan sisi kiri dari duktus hepatika komunis. Arteri hepatika komunis mensuplai 25 % aliran darah ke hepar dan vena porta mensuplai sisanya yaitu 75 %. Dari aksis celiakus, arteri hepatika komunis menuju ke atas dan kelateral berdekatan dengan duktus biliaris komunis. Arteri gastroduodenal yang mensuplai proksimal duodenum dan pankreas adalah cabang pertama dari arteri hepatika komunis. Lalu arteri gastrika kanan sebagai cabangnya yang menuju ke kurvatura minor dalam omentum minus. Kemudian arteri hepatika melintas menuju hilus dan segera bercabang menjadi arteri hepatika kanan dan kiri. Saat melalui ligamentum hepatoduodenal arteri hepatika komunis, duktus biliaris komunis dan vena porta dibungkus dengan ‘peritonel sheath’ dalam suatu ligamentum hepatoduodenal. Arteri hepatika kanan bercabang lebih dulu dari duktus biliaris komunis dan vena porta. 80 % kasus arteri hepatika kanan berada diposterior duktus hepatika komunis sebelum masuk parenkim hepar. 20% kasus, arteri hepatika kanan di anterior duktus hepatika komunis. Setelah mencapai parenkim hepar arteri hepatika kanan bercabang ke sektor anterior kanan (segmen V dan VIII) dan posterior kanan (segmen VI dan VII). Cabang ke sektor posterior awalnya melintas secara horizontal melalui ‘hilar tranverse fissure’ dari Banz yang secara normal berada pada basis segmen V dan bersebelahan dengan procesus kaudatus. Arteri hepatika kiri melintas secara vertikal menuju fisura umbilikalis dimana memberi cabang-cabang kecil (sering disebut middle hepatic artery) ke segmen IV, sebelum meneruskan mensuplai segmen II dan III. Tambahan cabang-cabang kecil dari arteri hepatika kiri mensuplai lobus kaudatus (segmen I) walau cabang-cabang arteri kaudatus dapat juga berasal dari arteri hepatika kanan. Vena porta dan duktus biliaris segmental dan sektoral mengikuti cabang-cabang arteri hepatica
Aliran darah hepar berasal dari 2 sumber yaitu vena portal dan arteri hepatika. Ini merupakan 25 % dari cardiac output (COP). Vena portal memberikan ¾ aliran darah dan sebagian darah vena portal telah melewati kapiler gastrointestinal; banyak oksigen telah terpakai. Darah yang dari arteri hepatika mengandung banyak oksigen dan ¾ oksigen digunakan oleh hepar berasal dari arteri hepatika. Cabang vena portal dan arteri hepatika, memberi cabang venula portal, arterial hepatika yang masuk ke acinus hepatika. Aliran darah dari pembuluh-pembuluh terminal ini ke sinusoid yang mana merupakan jaringan kapiler dari hepar. Sinusoid berhubungan dengan pembuluh hepatika terminal. Drainase venula-venula terminal ini di bentuk cabang-cabang besar vena hepatika yang merupakan tributaries vena cava inferior. Tekanan vena portal secara normal sekitar 10 mmHg pada manusia, dan aliran vena hepatika sekitar 5 mHg. Mean pressure pada cabang-cabang arteri hepatika yang membungkus sinusoid sekitar 90 mmHg.
Komponen struktural dasar hepar adalah hepatosit atau sel hepar. Unit fungsional dasar hepar adalah lobulus hepar yang pada manusia ada beberapa juta jumlahnya. Pada beberapa daerah, lobulus di batasi oleh jaringan penghubung yang mengandung duktus biliaris, limfatik, saraf dan pembuluh-pembuluh darah. Daerah-daerah ini berlokasi pada sudut lobulus dan ditempati oleh portal triad disebut portal spaces. Terdapat 3-6 portal triad perlobulus, masing-masing mengandung venula (cabang vena portal); arteriol (cabang arteri hepatika), duktus (bagian dari sistim biliaris) dan pembuluh limfatik. Hepatosit-hepatosit disusun seperti jeruji roda pada tiap lobule, membentuk sebuah lapisan dan terdiri dari 1 atau 2 sel tebalnya. Lempengan seluler ini arahnya dari perifer ke pusat lobulus. Ruang antara lempengan sel ini mengandung kapiler yang dikenal sebagai sinusoid hepar. Sinusoid ini adalah pembuluh yang berdilatasi yang mengandung sel-sel endotelial yang berpori. Sel endotelial dipisahkan dari hepatosit sebelahnya oleh ruang subendotelial yang dikenal dengan ruang dari Disse, dimana proyeksi hepatosit seperti serabut retikuler dan mikrovili dapat ditemukan. Permukaan hepatosit dalam hubungan yang erat/ rapat dengan dinding endotelial, dimana mudah bagi makromolekul untuk pertukaran dari lumen sinusoid ke sel hepar. Tipe-tipe lain sel yang dapat ditemukan pada lobulus hepar adalah makrofag dan fat-storing cell. Sel kupffer merupakan fagosit mononuklear dan ditemukan pada permukaan luminal sel endotelial. Fat- storing cell disebut sebagai Ito cell dan berada di ruang Disse.
FISIOLOGI HATI
1. Merupakan pusat dari metabolisme seluruh tubuh
2. Merupakan sumber energi sebanyak 20%, menggunakan 20-25% O2 darah
 Berat hati 4 – 5% dari berat badan
«
 Aliran darah ke hati ± 1500 cc/ 1,75 m2 dan 75% berasal dr V. porta, 25% dr A.hepatica
«
 Tekanan V.porta 7 – 10 mmHg, tekanan ini dpt meningkat sekali pd cirrhosis hepatis yaitu 40 – 50 mmHg. Sedangkan tekanan sinusoid hanya 2 – 4 mmHg
«
 Empedu t.a bilirubin, garam-garam asam empedu, kolesterol, fosfolipid, garam-garam inorganik, mucin/ lendir, air dan bbrp metabolit.
«
 Produksi empedu setiap hari ± 600 – 1000 cc
«
 Selain dr empedu, hati jg membentuk as empedu dr bahan kolesterol, shg empedu merupakan rute utama eliminasi kolesterol oleh hati
«
 Bilirubin dibuat dari pemecahan Hb oleh jaringan RES di berbagai tempat, terutama di sumsum tulang dan limpa.
«
Empedu di bentuk di membran kanalikuli hepatosit. Sebagian juga pada duktulus-duktulus empedu dan di sekresi oleh proses aktif yang secara relatif tidak bergantung pada aliran darah. Empedu terdiri dari larutan ion-ion anorganik dan organik. Komponen organik utama empedu adalah asam empedu terkonjugasi, kolesterol, fosfolipid, pigmen empedu dan protein. Dalam keadaan normal 600-1000 ml empedu di produksi perhari. Tekanan sekresi empedu sekitar 10 – 20 cm dengan tekanan sekresi maksimal 30 – 35 cm pada keadaan obstruksi biliaris total. Empedu disekresi dalam dua tahap oleh hepar : (1) Bagian awal disekresikan oleh sel-sel hepatosit ; sekresi awal ini mengandung sejumlah besar asam empedu dan kolesterol, kemudian empedu disekresikan kedalam kanalikuli biliaris yang terletak diantara sel-sel hati. (2) Kemudian, empedu mengalir ke perifer menuju septa interlobularis, tempat kanalikuli mengosongkan empedu ke dalam duktus biliaris terminal dan kemudian mencapai duktus hepatikus dan duktus biliaris komunis. Dari sini empedu langsung dikosongkan menuju ke duodenum atau dialihkan melalui duktus sistikus ke dalam kandung empedu. Empedu melakukan dua fungsi penting : pertama, empedu berperan penting dalam pencernaan dan absorbsi lemak. Kedua, empedu bekerja sebagai suatu alat untuk mengeluarkan beberapa produk buangan penting dari darah, hal ini terutama meliputi bilirubin, dan kelebihan kolesterol yang dibentuk oleh sel-sel hepar.
 Langkah pembentukan bilirubin:
«
1. Proses pemecahan pembukaan dari cincin tetrapyrole menjadi biliverdin – iron – globin (tjd dlm jaringan RES)
 terbentuk biliverdin (tjd dlm jar RES)
à2. Besi/ iron – globin akan dipisahkan
 Unconjugated Bilirubin (tjd dlm jar RES). Komponen ini (Unconjugated bilirubin) tidak larut dalam air dan tidak memberikan reaksi Van der Berg kecuali bila sebelumnya ditambah bahan yang dapat melarutkannya. Selanjutnya akan dibw msk ke dlm sel-sel liver dan dlm perjalanannya di dlm drh akan diikat dengan albumin dan α – globulin.
à3. Biliverdin direduksi
larut dalam air dan memberikan reaksi Van der Berg yang langsung yang disebut juga Bilirubin Direct.
àbilirubin diglukuronide dan bilirubin sulfat. Kedua bahan ini disebut Conjugated Bilirubinà4. Sampai ke dlm sel-sel liver, bilirubin tsb akan mengalami konjugasi dg glukuronidase+sulfat
5. Conjugated bilirubin disekresi ke dalam canaliculi billier dan dibawa ke ductus bilier, msk ke dlm usus halus. Di usus halus, oleh flora usus akan diubah menjadi mesobilirubinogen dan sterkobilirubinogen, urobilinogen.
 Kebanyakan dari urobilinogen akan diekskresi melalui faeces di mana sebagian akan direduksi menjadi urobilin yang berwarna, sedangkan 1/3 – ½ dari urobilinogen akan diresorpsi kembali melalui v.porta dan dibawa ke liver (Siklus EnteroHepatik)
«
Fungsi hati sbg metabolisme lemak
 Hati dapat membentuk, mensintesis lemak
¯ & katabolisis asam lemak
 Asam lemak dipecah menjadi beberapa komponen :
¯
1. Senyawa 4 karbon – Keton Bodies
2. Senyawa 2 karbon–Active Acetate (dipecah mjd asam lemak dan gliserol)
3. Pembentukan cholesterol
4. Pembentukan dan pemecahan fosfolipid
 Hati pembentuk utama, sintesis, esterifikasi dan ekskresi kholesterol
¯
 standar pemeriksaan metabolisme lipid
à Serum Cholesterol ¯
Fungsi hati sbg metabolisme karbohidrat
 Pembentukan, perubahan dan pemecahan KH, lemak dan protein saling berkaitan 1 sama lain yang disebut Metabolic Pool
¯
 Hati mengubah pentosa dan heksosa yang diserap dari usus halus menjadi glikogen, mekanisme ini disebut Glikogenesis
¯
 Glikogen di dalam hati dipecahkan menjadi glukosa disebut Glikogenolisis
¯
 Selanjutnya hati mengubah glukosa melalui Heksosa Monophosphat Shunt dan terbentuklah Pentosa yang bertujuan menghasilkan energi, Biosintesis dari nukleotida, nucleic acid dan ATP, Membentuk/ biosintesis senyawa 3 karbon (3C)yaitu piruvic acid (asam piruvat diperlukan dalam siklus krebs)
¯
Fungsi hati sbg metabolisme protein
 Hati mensintesis banyak macam protein dari asam amino.
¯
 Proses deaminasi, hati mensintesis gula dari asam lemak dan asam amino.
¯
 Proses transaminasi, hati memproduksi asam amino dari bahan non nitrogen.
¯
 Hati merupakan satu-satunya organ yg membentuk plasma albumin dan ∂ – globulin dan organ utama bagi produksi urea.
¯
 Urea merupakan end product metabolisme protein
¯
 ∂ – globulin selain dibentuk di hati, juga dibentuk di limpa
¯ & sumsum tulang
 β – globulin HANYA dibentuk di dalam hati
¯
 albumin mengandung ± 584 asam amino dengan BM 66.000
¯
Fungsi hati sehubungan dengan pembekuan darah
 Hati merupakan organ penting bagi sintesis protein-protein yang berkaitan dengan koagulasi darah. Misalnya: fibrinogen, protrombin, faktor V, VII, IX, X
¯
 Benda asing menusuk kena pembuluh darah–yang beraksi adalah faktor ekstrinsik. Bila ada hub dg katup jantung – yang beraksi adalah faktor intrinsik
¯
 Fibrin harus isomer biar kuat pembekuannya dan ditambah dengan faktor XIII
¯
 Vit K dibutuhkan utk pembentukan protrombin dan bbrp faktor koagulasi
¯
Fungsi hati sbg metabolisme vitamin
 Semua vitamin disimpan di dalam hati khususnya vitamin A, D, E, K
¯
Fungsi hati sbg detoksikasi
 Hati adalah pusat detoksikasi tubuh, misalnya proses oksidasi, r
¯eduksi, metilasi, esterifikasi dan konjugasi thd berbagai macam bahan spt zat racun, obat over dosis (juga racun)
Fungsi hati sbg fagositosis dan imunitas
 Sel kupfer merupakan saringan penting bakteri, pigmen dan berbagai bahan melalui proses fagositosis. Selain itu sel kupfer juga ikut memproduksi ∂ – globulin sbg imun livers mechanism
¯
Fungsi hemodinamik
 Hati menerima ± 25% dari cardiac output
¯
 Jantung mengeluarkan darah (Stroke Volume). Cardiac output = Stroke Volume x Frekuensi (1 menit)
¯
 Aliran darah hati yang normal ± 1500 cc/ menit atau 1000 – 1800 cc/ menit
¯
 Menerima darah dari a.hepatica ± 25% dan di dalam v.porta 75%.
¯
 Tek.darah v.porta ± 10 mmHg. Tek. a.hepatica = tekanan darah arteri sistemik
¯
 Tek.darah sinusoid (kapiler-kapiler, endotel mudah ditembus oleh sel dengan molekul besar) ± 8,5 mmHg sedangkan v.hepatica 6,5 mmHg
¯
 Te.darah v.cava inferior di level diaphragma ± 5 mmHg
¯
 O2 yg terkandung di dlm v.porta lebih tinggi dari O2 di dalam vena biasa
¯
 Aliran darah hepar dipengaruhi oleh faktor mekanis, pengaruh persarafan dan hormonal
¯
 Aliran darah berubah cepat pada waktu exercise, terik matahari, shock
¯
 Hepar merupakan organ penting untuk mempertahankan aliran darah
¯

Tidak ada komentar:

Posting Komentar